By HUMAS UNEJ

Jember, 30 Desember 2022
Universitas Jember tengah mempersiapkan rencana sistem perkuliahan baru yang memungkinkan mahasiswa dengan prestasi akademik unggul bisa lulus lebih cepat. Dalam rancangan sistem perkuliahan baru ini, mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,5 akan mendapatkan kesempatan mengambil mata kuliah non praktek di masa libur kuliah. Rencana sistem perkuliahan baru ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember pada saat rapat pimpinan Universitas Jember dalam rangka Refleksi Akhir Tahun 2022 di aula lantai II Gedung Rektorat dr. R. Achmad pada Kamis sore (29/12).

“Kebijakan ini akan memberikan keleluasaan bagi mahasiswa mempersiapkan masa kuliahnya dengan lebih fleksibel. Dengan rancangan sistem perkuliahan baru ini maka seorang mahasiswa bisa lulus lebih cepat. Insyaallah sistem perkuliahan baru ini akan diaplikasikan di masa libur kuliah tahun akademik 2022/2023” jelas Iwan Taruna di hadapan para dekan, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) dan Ketua lembaga dan Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI).

Selain kebijakan fast track bagi mahasiswa berprestasi unggul, beberapa kebijakan yang akan diprioritaskan oleh Universitas Jember tahun 2023 nanti diantaranya adalah menyelesaikan proses akreditasi internasional bagi 10 (sepuluh) program studi, pendirian Program Vokasi yang menjadi rumah bagi program studi vokasi baik sarjana terapan maupun diploma 3, mendorong hilirisasi hasil penelitian dan pendirian pusat inovasi dan bisnis yang menjembatani dengan dunia industri, serta memperbanyak kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri.

“Di bidang tata kelola, Universitas Jember terus melanjutkan penyempurnaan Organisasi dan Tata Kelola menuju Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Kami juga akan memulai pengembangan UPT Agrotechnopark di daerah Jubung sebagai etalase karya inovatif sivitas akademika serta pengembangan TV dan Radio Universitas Jember secara digital. Saya juga meminta setiap fakultas dan unit kerja untuk memaksimalkan laman dan medsos-nya untuk menyebarluaskan informasi dan membangun citra positif,” imbuh Iwan Taruna.

Penjelasan kemudian dilanjutkan oleh Wakil Rektor I, Prof. Slamin yang mempresentasikan kinerja bidang akademik dan kemahasiswaan dari tiap fakultas. Kemudian dilanjutkan presentasi kinerja seluruh unit kerja di bidang perencanaan, kerjasama dan Humas oleh Kepala Biro III mewakili Wakil Rektor III yang tengah berada di luar negeri. Sementara kinerja bidang administrasi umum dan keuangan disampaikan langsung oleh Rektor mengingat Wakil Rektor II sedang menjalankan tugas ke Jakarta. Ketua LP2M dan LP3M juga berkesempatan memaparkan kondisi dan pencapaian Universitas Jember sesuai tugas masing-masing lembaga.

“Kegiatan Rapat Pimpinan di akhir tahun ini dalam rangka menyamakan persepsi sekaligus membangun energi positif guna mencapai seluruh target yang sudah ditetapkan di tahun 2023. Dan salah satu keputusan yang diambil dalam pertemuan kali ini adalah mengaktifkan kembali pertemuan bulanan pimpinan Universitas Jember yang digelar secara bergilir di tiap fakultas dan unit kerja. Pertemuan rutin bulanan ini sebelumnya sudah berjalan namun karena masa pandemi Covid-19 maka terhenti. Pertemuan rutin ini selain memupuk kebersamaan juga menjadi pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen seperti rekomendasi Satuan Pengawasan Internal. Selamat Tahun baru 2023, semoga kita semua tetap sehat dan sukses,” pungkas Iwan Taruna. (iim)

Categories: Berita