By HUMAS UNEJ

Jember, 29 November 2022
Universitas Jember melalui Lembaga Pengabdian dan Penelitian kepada Masyarakat (LP2M) gandeng 13 Perguruan Tinggi Swasta laksanakan KKN Tematik untuk akurasi dan updating data desa di Jember. Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Jember Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM dalam acara Ngopi Selasa (Ngobrol Pagi Selaraskan Asa untuk Desa) dengan Tajuk “Optimasi Peran Perguruan Tinggi Melalui KKN Tematik, Kolaborasi Dampingi Desa Mendukung Kabupaten Sadar Data” Selasa pagi (29/11/2022) di Auditorium Universitas Jember. Acara tersebut digelar bersamaan dengan Expo Produk Pengabdian dan Penelitian unggulan para sivitas Akademika Universitas Jember ini dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Jember.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM. Rektor Universitas Jember mengapresiasi kegiatan yang merupakan tindak lanjut komitmen Universitas Jember dalam rangka membangun desa di seluruh Indonesia, khususnya di daerah Tapal Kuda Jawa Timur. Ia mengatakan dalam pelaksanaan implementasi Undang-undang Dasar 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa maka setiap pimpinan pasti mempunyai strategi dan kebijakan untuk mencapainya.

Dalam mencapai kebijakan tersebut maka diperlukan data yang akurat. Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM mengatakan akurasi dan updating data tersebut menjadi penting apalagi data di tingkat Desa, yang belum tersedia dalam satu sistem. “Sering kita dengarkan data kemiskinan itu tidak akurat, sehingga BLT dan pemberdayaan masyarakat sering salah sasaran. Supaya manfaat dari data yang dihasilkan menjadi lebih baik, maka kita harus mengupayakan untuk diperbaiki.” Katanya.

Rektor selanjutnya menambahkan Universitas Jember telah mencoba melaksanakan KKN Tematik Kolaboratif beserta 13 Perguruan Tinggi tentang data-data terbaru kesejahteraan sosial. Kegiatan ini melibatkan 2485 Mahasiswa. Diharapkan KKN Tematik ini bisa menghasilkan data-data yang lebih baik.

Sementara itu Ir, H. Hendy Siswanto, ST., IPU. Bupati Jember dalam wawancaranya di tengah-tengah kegiatan tersebut mengapresiasi langkah LP2M Universitas Jember dalam membangun mitra dan melibatkan Mahasiswa dalam pengabdian dan penelitian kepada masyarakat. Penting bagi Pemerintah Kabupaten Jember menggandeng mahasiswa dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat agar bisa membantu menyelesaikan persoalan yang ada di Kabupaten Jember.

Dikesempatan yang sama Ali Badrudin Sekretaris 3 LP2M menyampaikan 13 Perguruan Tinggi yang mengikuti program ini adalah dari Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Moch. Sroedji, STIA Pembangunan, Universitas PGRI Argopuro, STIE Mandala, Universitas Islam Jember, Akademi Farmasi Jember, Institute Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Universitas dr. Soebandi, Stikes Bakti Al Qodiri, Institut Agama Islam al Falah Assunniyyah(INAIFAS) dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa. (Is)

Categories: Berita