By HUMAS UNEJ

Sumber : https://unej.ac.id/blog/2022/11/13/sambut-dies-natalis-ke-58-universitas-jember-luncurkan-identitas-baru/

Jember, 11 November 2022
Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Jember telah dimulai. Jika diperhatikan, ada yang ‘baru’ dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut. Seperti saat kegiatan Dies Reader di gelar di auditorium Universitas Jember hari Kamis tanggal 10 November lalu. Pada layar elektronik di dalam auditorium berkali-kali muncul tulisan UNEJ dengan menggunakan font dan desain baru, disertai animasi pembuka pendek (video bumper).

Jangan heran, menyambut hari ulang tahunnya yang ke 58 Universitas Jember memang memunculkan identitas (signature) baru. Peluncurannya dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna pada hari Kamis, tanggal 9 November lalu di lobby gedung rektorat dr. R. Achmad. Hadir dalam kegiatan peluncuran identitas baru ini ketua senat, para wakil rektor, dekan dan ketua lembaga di lingkungan Kampus Tegalboto. Identitas baru ini dalam bentuk tulisan UNEJ yang kini diberi aksen bulatan merah berlatar belakang peta dunia pada huruf E yang selintas dibentuk mirip buku.

Ketua tim kreatif, Bambang Aris Kartiko menjelaskan proses pembuatan desain siganture UNEJ

Menurut ketua tim kreatif yang mengerjakan proses desain, Bambang Aris Kartiko, filosofi dibalik desain baru ini mengusung tema Universitas Jember, dari masa lalu untuk masa depan. Yang semua itu disimbolkan dengan huruf E dengan pola simetris tegak sebagai personifikasi triumviraat Universitas Jember dan tiga garis horizontal sebagai lambang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang manunggal dengan bentuk bola dunia berwarna kemerahan, menggambarkan sinar ketika matahari terbit.

Rektor UNEJ memberikan sambutan

“Keberadaan bola dunia juga menyiratkan tekad Universitas Jember siap berkontribusi bagi peradaban dunia tanpa harus meninggalkan semangat keanekaragaman multikultural warga Jember dengan segala kearifan lokalnya. Universitas Jember yang menjunjung tinggi prinsip kesetaraan, keadilan, dan keharmonisan untuk menyongsong masa depan sebagai perguruan tinggi yang berkelas dunia. Selaras dengan sesanti karya rinaras ambuka budhi, gapura mangesthi aruming bhawana,” jelas Bambang Aris Kartiko saat ditemui di kampus FIB (11/11).

Dosen di Program Studi Televisi dan Film (PSTF) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) ini lantas menambahkan, proses kreatif terciptanya identitas baru ini berawal dari tantangan Ketua Senat, Andang Subaharianto yang meminta agar di usia ke 58 tahun ini Universitas Jember memiliki sesuatu yang baru. Diantaranya identitas yang akan menjadi penciri dan memudahkan masyarakat umum mengingat keberadaan Universitas Jember.

Rektor UNEJ menyerahkan potongan tumpeng kepada Bambang Aris Kartiko

“Proses terciptanya desain tidak memerlukan waktu lama namun aktivitasnya cukup intens, bahkan kawan-kawan yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan di PSTF serta Humas berjibaku hingga tengah malam seminggu terakhir ini karena targetnya memang sudah harus diluncurkan sebelum peringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Jember pada tanggal 10 November 2022. Kami juga mengerjakan video bumper yang nantinya bisa digunakan dalam berbagai kesempatan di lingkungan kampus. Selanjutnya kami juga masih mengerjakan desain aplikasi identitas baru atau signature ini di beragam keperluan, barang dan merchandise,” tutur fans Liverpool FC ini.

Sementara itu saat memberikan sambutan di peluncuran signature baru Universitas Jember, Iwan Taruna memberikan apresiasi atas desain baru tulisan UNEJ. Menurutnya desain baru ini terkesan elegan. “Desain identitas baru Universitas Jember ini diharapkan membawa semangat baru memasuki usia ke lima puluh delapan, pembuatan desain baru ini juga dalam rangka branding Universitas Jember agar lebih melekat di hati dan benak masyarakat Indonesia,” ungkap Iwan Taruna. (iim)

Categories: Berita