VISI & MISI

Visi PS TIP yaitu:

Menjadi Program Studi Unggul dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana di Bidang Teknologi dan Manajemen Agroindustri yang Berwawasan Lingkungan dan Bisnis”.

Kata “unggul” dimaksudkan bahwa PS TIP harus mampu menunjukkan kemampuan penguasaan dan pengembangan sains, teknologi dan manajemen agroindustri baik pada level nasional maupun internasional.  PS TIP bermaksud menyelenggarakan program pendidikan sarjana di bidang teknologi dan manajemen agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis.  Hal ini mengindikasikan bahwa bidang keilmuan dan keahlian yang menjadi fokus kajian dalam program studi ini adalah pengembangan sistem industri pertanian atau agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis.

Bidang ilmu yang dikembangkan pada PS TIP sangat terkait dengan bidang ilmu pertanian, keteknikan, dan manajemen bisnis.  Pertama, ilmu pertanian terkait dengan ruang lingkup kajian industri pertanian (obyek kajian). Karakteristik bidang industri pertanian sangat berbeda dengan bidang industri manufaktur atau jasa karena dipengaruhi faktor bahan bakunya, yaitu komoditas hasil pertanian, baik bahan pangan maupun non-pangan hasil pertanian (termasuk perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan).  Pengetahuan bahan hasil pertanian sangat diperlukan untuk merancang sistem produksi suatu produk agroindustri yang mempunyai nilai tambah.

Kedua, rumpun ilmu keteknikan terkait dengan rekayasa proses yang diperlukan dalam perancangan suatu sistem produksi hasil pertanian terkait dengan penanganan bahan hasil pertanian, proses produksi dan pengolahan, untuk menjadi produk agroindustri yang mempunyai nilai tambah. Rumpun ilmu keteknikan termasuk juga rumpun ilmu komputer dan teknologi informasi diperlukan untuk merekayasa sistem pengambilan keputusan dalam pengembangan industri pertanian. Perkembangan iptek dalam bidang komputer dan sistem informasi diharapkan dapat digunakan secara maksimal dalam pengembangan agroindustri untuk meningkatkan daya saingnya.  Rumpun ilmu ini diperlukan untuk mendukung rumpun-rumpun ilmu yang lain pada PS TIP agar bisa mengikuti dan seiring dengan tuntuan perkembangan jaman di era global.

Ketiga, rumpun ekonomi dan manajemen terkait dengan disiplin keilmuan yang memberikan wawasan, ilmu pengetahuan dan aplikasinya tentang bisnis dan manajemen dalam mengelola  sistem agroindustri agar dapat beroperasi secara efektif, efisien dan menguntungkan.

Pembangunan pertanian industrial yang dicanangkan sebagai visi Universitas Jember sangat relevan dengan bidang keilmuan PS TIP yang bertujuan untuk mengembangkan industri pertanian.  Visi PS TIP diharapkan dapat dicapai dengan mencetak lulusan yang mampu merintis, mengembangkan dan mengelola industri pertanian (agroindustri).

Berdasarkan visi PS TIP, maka misi PS TIP dijabarkan sebagai berikut:

1) Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan teknologi dan manajemen agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis;

2) Menghasilkan sarjana teknologi pertanian yang kompetitif yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi dan manajemen agroindustri sehingga mampu bersaing baik tingkat nasional maupun internasional;

3) Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders agroindustri serta lembanga lainnya di dalam dan luar negeri.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *